Minggu, 28 April 2024, WIB
Breaking News

Jumat, 17 Mar 2023, 20:40:26 WIB, 3095 View sundari, Kategori : Tata Usaha

Majene, Rabu s/d Kamis, tanggal 1 s/d 2 maret 2023, bertempat di Villa Bogor, Leppe Majene dilaksanakan kegiatan Bimbingan Tekhnis Pengelolaan SPBE dan Website OPD di Lingkup Pemerintah provinsi Sulawesi Barat. Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Daerah Provinsi Sulawesi Barat dan dihadiri para peserta Pengelola Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) disetiap OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat.

Dalam kegiatan tersebut disampaikan  Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Sebagai salah satu prioritas nasional, digitalisasi di sektor pemerintahan telah diatur dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Pada peraturan ini, pemerintah pusat dan daerah diharapkan dapat mengimplementasikan manajemen dan layanan secara digital, terintegrasi dan memastikan konsistensi kualitas serta kemajuan pelaksanaannya dengan melakukan evaluasi internal berkala untuk mengukur capaian SPBE oleh perangkat daerah sebagai pelaksana pelayanan.

Beberapa materi yang disampaikan Kepala Bidang Layanan e-Goverment pada sosialisasi tersebut adalah :

  • capaian nilai SPBE OPD Tahun 2022
  • Kebijakan Penyelenggaraan dan Evaluasi SPBE Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2023.
  • Panduan Transformasi Digital dan Indikator Evaluasi SPBE OPD.
  • Pelaporan dan Evaluasi SPBE.
  • Rencana Aksi SPBE Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat.
  • Progres Revisi Meta Data OPD Bahan Arsitektur dan Peta Rencana SPBE Sulawesi Barat.
  • Pemberlakukan Hasil Evaluasi SPBE pada TPP ASN.
  • Penjelasan 25 Indikator sebagai Domain Evaluasi SPBE.

Adapun hasil yang dicapai para peserta pada pelaksanaan Bimbingan Tekhnis Pengelolaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tesebut Peserta mengetahui tentang teknis penilaian SPBE dan Diharapkan dapat menyiapkan bahan dalam rangka evaluasi SPBE di lingkup perangkat daerah masing-masing.

Sehingga diperoleh kesimpulan dalam kegiatan pelaksanaan Bimbingan Tekhnis Pengelolaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dilaksanakan untuk mewujudkan Pemerintahan Provinsi Sulawesi Barat dengan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntable serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya melalui penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, dan perlunya dilaksanakan bimbingan tekhnis tersebut untuk merencanakan, menerapkan dan mengevaluasi pelaksanaan di setiap perangkat daerah, khususnya Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat.



Selaraskan Pelaksanaan Strategis Nasioanl Bisnis dan HAM, Pemprov Sulbar Terbitkan Gugus Tugas Daera
Senin, 04 Mar 2024, 10:36:49 WIB, Dibaca : 62 Kali
Rapat Internal Persiapan Fasilitasi Permasalahan Hukum Secara Litigasi & Non Litigasi
Kamis, 11 Jan 2024, 15:00:50 WIB, Dibaca : 221 Kali
Rapat Penetapan Harga TBS bulan September 2023
Rabu, 04 Okt 2023, 10:14:05 WIB, Dibaca : 181 Kali

Tuliskan Komentar