Minggu, 28 April 2024, WIB
Breaking News

Senin, 24 Jul 2023, 13:18:06 WIB, 194 View sundari, Kategori : Bagian Perundang-undangan Provinsi

Mamuju, pada hari Jumat tanggal 14 Juli Tahun 2023, bertempat di ruang rapat Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Barat dilaksanakan rapat Lanjutan Pembahasan Ranpergub tentang Dukungan Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Program Transformasi Pembelajaran.

Dalam rapat tersebut yang dipimpin oleh Perancang Peraturan Perundang Undangan Ahli Muda (Afrisal, SH) dan dihadiri Yusran (Kabid, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan), Nuraeni (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan), Sappe (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan), Wisnu Hasta Praja (Sekretaris Balitbangda), Syarifuddin (Peneliti Balitbangda), Abrar (Kasubag. Umum BPMP), M.Ikhsan (BPMP), Nurdin Passokkori (Konsultan BPMP), Fatwansyah Rasyid (Perancang Peraturan PerUU Ahli Pertama), Dharmawangsa (Perancang Peraturan PerUU Ahli Pertama), Staf dan PTT pada Sub bagian Penyusunan produk hukum pengaturan.

Dalam rapat Lanjutan Pembahasan Ranpergub tentang Dukungan Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Program Transformasi Pembelajaran Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Sulawesi Barat. Dalam rangka mewujudkan Peningkatan Mutu Pendidikan sesuai Kebijakan Merdeka Belajar dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia melalui Program Transformasi Pembelajaran yaitu Program Sekolah Penggerak, Implementasi Kurikulum Merdeka, Perencanaaan Berbasis Data, Pendidikan Inklusif, Transisi PAUD SD dan Sekolah Sehat yang berorientasi pada penguatan kompetensi dan pengembangan karakter untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila melalui terselenggaranya pendidikan yang berakhlaq, bermutu, berkeadilan, berkarakter dan berbudaya,di perlukan penguatan regulasi melalui Pergub. Kompetensi Literasi di Sulawesi Barat masih rendah, dengan adanya Pergub ini diharapkan dapat meningkatkan IPM di Sulawesi Barat.

Ada beberapa tanggapan dalam rapat tersebut :

1. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

  • Dengan adanya Ranpergub ini dapat menguatkan proses peningkatan mutu pendidikan yang sudah dijalankan di satuan pendidikan.

2. Balitbangda

  • Perlu Mengkaji lebih dalam regulasi yang terkait Rancangan Pergub ini.

3. Biro Hukum

  • Peraturan Gubernur ini sejalan dengan program yang dicanangkan Pj. Gubernur guna peningkatan IPM di Sulawesi Barat.
  • Disarankan agar Perda tentang pendidikan juga segera di buat mengingat perda yang telah ada tidak relevan lagi dengan peraturan perundang-undangan terbaru.
  • Biro Hukum menunggu Pengajuan draf rancangan pergub dari Pemrakarsa yaitu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang disusun oleh Tim Penyusun Ranpergub dengan melibatkan Kanwil Hukum dan Kes

Dalam Kesimpulan rapat tersebut tidak ada Peraturan Perundang-undangan yang memerintahkan untuk menetapkan Peraturan Gubernur tentang Dukungan Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Program Transformasi Pembelajaran. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, Pemerintah Provinsi berwenang menyelenggarkan Pendidikan Menengah, sehingga Peraturan Gubernur tentang Dukungan Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Program Transformasi Pembelajaran dapat di bentuk oleh Pemerintah Provinsi. Untuk memastikan materi muatan Rancangan Peraturan Gubernur, perlu dilakukan pembahasan lebih lanjut oleh Tim Penyusun Ranpergub.

Tim Penyusun Ranpergub tentang Dukungan Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Program Transformasi Pembelajaran ditetapkan dengan Keputusan Gubernur yang diusulkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Barat.

  1. Tim Penyusun diantaranya terdiri dari:
  • Ketua : Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
  • Wakil Ketua : Kepala Biro Hukum
  • Sekretaris : Pejabat Administrator pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov.Sulbar
  • Anggota : Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Prov. Sulbar, Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Prov. Sulbar, Kanwil Hukum dan HAM Prov. Sulbar, OPD terkait lainnya.

 



Rapat Koordinasi Ranperda tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Sulawesi Barat
Kamis, 24 Agu 2023, 12:40:20 WIB, Dibaca : 585 Kali
Pengkajian Ranperda tentang Pemberian Insentif & Kemudahan Investasi kepada Masyarakat dan Investor
Kamis, 24 Agu 2023, 12:40:04 WIB, Dibaca : 4038 Kali
Rapat Tim Penyusunan dan Pangkajian Raperda inisiatif DPRD
Senin, 07 Agu 2023, 09:17:41 WIB, Dibaca : 892 Kali

Tuliskan Komentar